Monday, September 22, 2008

My 1st Chilled Blueberry Cheesecake!





My dear friend Ingky...baru juga ketemu lagi...eh ternyata udah mau resign dari Double Tape. Berdasarkan request dari tante Ingky yang doyan blueberry cheesecake, dibuatlah kue yang satu ini. Karena gak punya oven, jadi diputuskan untuk buat versi chilled-nya. Tapi dari awal tante Ingky sudah diwanti-wanti, jangan kaget ntar kalo rasa en penampakannya beda dengan cheesecake yg selama ini dia pernah coba, hehehe.

Karena prosesnya semaleman dimasukin freezer, walhasil pas mau dipotong kerasnya minta ampun. Kayaknya pas lagi memadatkan lapisan oreonya terlalu semangat. Asli..susah banget motongnya. Tapi komentar yang menyantap, enak...krenyes-krenyes crunchy (namanya juga Oreo..so I will not take credit on this).

Trus, pas menyantap bagian cream cheesenya, muka uda mulai terlihat aneh. Hihihi, kayaknya kemaren pas nyemplungin jus lemonnya kebanyakan. Jadi 1st tastenya pas menyentuh lidah adalah seperti yoghurt. Hmmm...maybe I should change the title into My 1st Chilled Blueberry Cheesecake that taste like Yoghurt. Tapi kepanjangan, yah huehehehe.

Eniwei, kalau ada yang mau coba atau modifikasi. berikut ini resepnya:

Bahan Lapisan Biskuit:

250 gr biskuit (Oreo or Marie Regal), hancurkan
125 gr mentega tawar (unsalted butter), lelehkan

Campurkan remah biskuit dengan mentega leleh. Aduk rata. Ratakan di dasar loyang springform (bongpas) uk. 20cm dan tekan-tekan dengan sendok. Masukkan ke dalam kulkas kurleb 15 menit - 1 jam.

Bahan Lapisan Cream Cheese:

250gr Cream Cheese (saya pakai merk Yummy)
50gr gula kastor (boleh ditambah jika dirasa kurang manis)
200ml whipped cream cair, kocok hingga kental (saya pakai merk Elle & Vire)
1 sdt ssence vanilla
3/4 sdm gelatin, tim dengan 2 sdm air matang hingga larut

Kocok cream cheese dengan gula kastor hingga tercampur rata. Masukkan essence dan gelatin. Aduk rata. Masukkan whipped cream secara bertahap, aduk rata. Tuang ke atas lapisan biskuit. Bekukan di freezer semaleman. Hias dengan buah (blueberry/strawberry/anything).
Btw, itu foto yang paling atas bagus, yah hehehe. Hasil jepretannya Edot, tuh. Beda banget sama foto yang bawahnya. Yang motret amatiran trus kameranya juga digital pocket yang biasa banget. Nah, kalo misalnya ada yang mau lihat hasil jepretan Edot yg lainnya, silahkan maen-maen ke http://www.edotedu.devianart.com/ atau http://www.primsdesain.com/. Sekali lagi makasih, yah Edottt....


No comments: